Tips Merawat Baterai Laptop agar Awet


Aduh ni Lepi baru di cass kok dah low baterai lagi ya? Mungkin keluhan seperti ini semua pengguna laptop sudah pernah mengalami atau bahkan anda pernah mengalaminya,  nah trus bagaimana cara menjaga agar baterai laptop kita tetap awet dan prima sudah kita tau bahwa harga sebuah baterai laptop tidaklah murah kita harus merogoh kocek hingga jutaan. Mungkin beberapa tips berikut ini dapat anda lakukan untuk menjaga performa dan keawetan baterai laptop anda. ^_^


 
1.    A. Pakai arus Listrik yang stabil
Stabilizer
Maksudnya pada saat mencharge laptop gunakanlah arus listrik stabil jangan menghubungkan adaptor pada saat voltase listrik tidak stabil lebih baik menggunakan Stabilizer ketika akan mencharge baterai laptop.

2.     B. Hindari panas tinggi pada Baterai
Colling Pad
Baterai sangat rentan terhadap panas yang berlebihan jadi untuk menghindarinya pada saat laptop digunakan jangan diletakkan pada tempat yang empuk seperti kasur karena tidak ada sirkulasi udara sehingga panas baterai menjadi berlebih lebih baik lagi jika menggunkan colling pad.

3.      C. Lakukanlah re-kalibrasi baterai secara berkala
yaitu merefres ingatan baterai tentang waktu dari ia penuh sampai dicharger kembali karena mungkin anda pernah mengalami kalo seharusnya baterai anda dapat hidup 3 jam namun ketika digunakan tidak sampai 3 jam.

4.      D. Lakukan Defrag hardisk secara berkala
Ini bertujuan agar kinerja hardisk menjadi baik dan lancar sehingga pengonsumsian daya menjadi kecil.

5.     E. Perbesar RAM
Semakin besar ram performa laptop semakin cepat sehingga konsumsi daya juga akan kecil.

6.      F. Jangan pakai Stand-by namun pakai Hibernate
Ini dilakukan karena walaupun dalam kondisi Stand-by daya masih mengalir sehingga baterai menjadi boros oleh karena itu gunakan lah Hibernate.

7.      G. Copot baterai jika akan digunakan untuk jangka waktu lama
Jika kita akan menggunakan laptop untuk waktu yang lama lebih baik baterai laptop anda copot agar lebih awet dan menghemat cycle baterai.

Itu lah sedikit tips dari saya selamat mencoba. ^_^
   

Artikel Terkait

Tips Merawat Baterai Laptop agar Awet
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 comments

21 Mei 2011 pukul 16.09 delete

terima kasih mas.. tipsnya..

Reply
avatar
22 Mei 2011 pukul 10.08 delete

terima kasih tipsnya gan..

Reply
avatar
22 Mei 2011 pukul 14.16 delete

@cak anas & ipanrock : sama2 gan ^_^

Reply
avatar

Berikan Pendapat Anda!!!

Ada yang salah dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar. Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya diam dan terpaku.

Caution!!!
1. Sampaikan Komentar anda sekarang!!! Mumpung saya lagi ada waktu nge-reply ^_^

2. Komentar berbau SPAM tidak akan kami tampilkan. Jadi jangan heran kalau komentar anda tidak tampil setelah di submit ^_^