Tips Membeli Kamera Digital | Tips Memilih Kamera Digital



Halo sobat semua gmana ni harinya berjalan lancar kan Aminnn ^_^ , mungkin ada dri sobat-sobat semua lagi liburan tapi mau foto-foto gak punya kamera jdi terpaksa pake HP. Terus punya keinginan buat beli Kamera Digital. pas banget hari ini saya ingin berbagi sedikit Tips Membeli dan Memilih Kamera Digital silahkan membaca. :D

1.                             1. Sesuaikan dengan kebutuhan 

Maksudnya belilah kamera digital yang sesuai dengan kebutuhan memotret anda jangan sampai anda membeli kamera yang kurang sesuai, misal jika anda hanya menggunakan kamera untuk memotret saat anda berlibur atau santai pilihlah kamera digital saku karena bentuknya yang  kompak , ringan dan mudah dibawa kemana-mana dan jika anda menggunakan untuk memotret di studio, Fotografi maka pilih lah kamera jenis DSLR karena kualitas jepretanya yang sangat bagus dan juga anda dapat berexplorasi dengan setinggan.
2. Coba dulu Sebelum membeli

Sebaiknya pada saat membeli di gerai kamera digital mintalah untuk mencoba dulu dengan kamera khusus demo agar anda lebih yakin memilih, namun jika tidak ada kamera demo dan ada teman anda yang sudah mempunyai kamera yang sama dengan anda beli maka jangan sungkan untuk meminjamnya untuk anda coba apakah cocok dan pas untuk anda.

3.                            3.Sesuaikan dengan Budget anda

Sebelum membeli memang seharunya mengecek dulu Budget yang kita miliki dan akan berapa banyak budget yang kita keluarkan untuk membeli sebuah kamera digital ini bertujuan agar kita tidak asal membeli karena keinginan saja tidak memikirkan berapa budget yang dimiliki.

         4.Pilih tipe kamera digital yang sesuai dan ketahui spesifikasinya

            Jika tips 1.2.3 sudah klop kini tinggal memilih ingin menggunakan kamera digital seperti  apa , ada 3 jenis kamera digital yaitu :


a.       Kamera Digital Pocket atau Saku
Kamera digital jenis ini umumnya memiliki bentuk yang kompak , ringan dan juga mudah dibawa-bawa. Cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti sedang berlibur bersama dan ingin mengabadikan momen berharga tanpa di bebani dengan beban yang berat maka Kamera ini cocok untuk dipilih namun karena bentuknya yang kompak fasilitas seperti penggunaan Lensa dan fitur-fitur tidak terlalu komplit sehingga sudah untuk memperbagus hasil jepretan.

b.      Kamera Digital Prosumer

Kamera digital jenis ini memiliki hasil jepretan yang lebih baik dari model Pocket karena kita dapat berexplorasi dengan hasil jepretan dengan adanya fitur settingan semi-manual, bentuk kamera ini hampir menyerupai kamera DSLR namun memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan. Kamera Prosumer ini ditargetkan kepada penggunaa yang tertarik dengan dunia Fotografi namun masih awam dan ingin mendalami dunia fotografi.

c.       Kamera DSLR
Kamera DSLR merupakan kamera kelas profesional yang memiliki segudang fitur dan pengaturan manual yang dapat dijajal oleh penggunanya seperti mengganti Lensa, ISO Dll. jadi tidak salah jika ukurannya besar dan berat.kamera ini cocok bagi anda yang sudah mengerti ilmu fotografi dan ingin hasil jepretan yang sangat bagus.

5.              5. Ketahui Teknologi yang digunakan

Maksudnya kita harus tau teknologi apa saja yang sudah diusung oleh sebuah kamera digital , teknologi itu seperti Penggunaan Sensor , Besar pixcel yang digunakan, ISO , Lensa dan batteray yang digunakan untuk menopang hidup kamera itu. Untuk lebih jelasnya akan saya sedikit paparkan :

a.       Sensor
Sensor merupakan perangkat vital sebuah kamera karena sensor berguna untuk menangkap gambar yang fungsinya hampir sama dengan film pada kamera analog. Sebuah sensor harus mempunyai sensitifitas untuk dapat mengenali warna.
Ada 2 jenis Sensor yang ada yatitu Sensor CCD dan Sensor CMOS keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan seperti Sensor CCD  mempunyai kelebihan tingkat sensitifitas warna yang lebih tinggi dan mempunyai kelemahan yang terlalu boros daya dan lambat dalam pemprosesan. Sedangkan Sensor CMOS memiliki kelebihan hemat daya, responsif dan kelemahnnya yang kurang sensitif terhadap perekaman warna. Walaupun keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing keduanya sudah didesain memiliki hasil jepretan yang bagus.

b.      Pixel lebih besar lebih baik
Sebuah sensor memiliki resolusi yang di tulis dengan Megapixel yaitu perkalian antara pixel horizontal dan vertikal, semakin besar pixel maka hasil gambar akan semakin halus. Besar megapixel yang ada sekarang ini mulai dari VGA sampai 24MP.

c.       ISO
ISO merupakan penentu dalam mengatur tingkat sensitifitas cahaya dalam perekaman. Sebuah kamera digital mempunyai ISO terendah yaitu 50 sampai 1600. Jika ISO diatur pada tingkat rendah maka sensitiftas sensor dalam menangkap cahaya akan berkuran dan akan menyebabkan hasil jepretan menjadi buram.

d.      Lensa
Lensa merupakan komponen yang hampir mirip dengan kerja mata manusia, yang berfungsi menagkap objek jepretan. Dalam memilih lensa sebaiknya pilih lensa yang memiliki teknologi OIS atau Optical Image Stabilizer sehingga dapat meminimalisir buram karena goyangan. Dan jika anda menggunakan Kamera DSLR maka pilihan lensa lebih luas karena lensa dapat di ganti dengan lensa dari pihak ketiga seperti Leica, Carl zeis, Schneider Kreuznach yang diakui kualitas lensanya.

e.      Tingkat Zoom
Pada sebuah kamera terdapat 2 jenis zoom yaitu Optical Zoom dan Digital Zoom. Optical Zoom merupakan kemampuan lensa untuk memperbesar gambar namun tanpa menyebabkan gambar pecah sedangkan Digital Zoom merupakan kemampuan software untuk memperbesar gambar dan dapat menyebabkan gambar pecah. Jadi pilihlah kamera dengan tingkat zoom optical tinggi agar tidak terjadi gambar pecah.

f.        Jenis battery yang digunakan
Ada 2 jenis battery yang sering digunakan yaitu jenis Li-ion yang bisa di charge ulang dan jenis AAA yang hanya sekali pakai. Li-ion merupakan jenis battrey yang mempunyai daya tahan lebih ketimbang AAA dan juga lebih hemat.

Tipe AAA
Tipe Li-ion

  1. Tentukan pilihan merek Kamera digital
Mungkin ada beberapa orang ayang mengunggulkan satu merek namun sebenarnya setiap merek mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi tinggal pilihan anda jatuh pada merek apa.

  1. Pilih kamera dengan Garansi resmi
Ini dikarenakan banyak kamera yang tidak bergaransi resmi bahkan tidak berganransi sama sekali, jika anda membeli kamera dengan garansi resmi maka anda dapat melakukan perbaikan dan penggantian suku cadang gratis pada tahun 1 dan kedua garansi anda pada gerai resmi.

Itulah sedikit Tips Membeli dan Memilih Kamera Digital dari saya semoga bermanfaat :D.        

Artikel Terkait

Tips Membeli Kamera Digital | Tips Memilih Kamera Digital
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 comments

23 Mei 2011 11.20 delete

Mantap tipsnya, jadi kepingin beli kamera

Reply
avatar
23 Mei 2011 12.15 delete

mantabb sob..
Kbetulan bgt,, liburan ini rencana nya mo beli kamera digital....
Hm.. Bdw, ane rasa udah ada tu yang 14Mp.....

Reply
avatar
23 Mei 2011 17.08 delete

@Kang aziz : sama2 kang :D , @kang Cruzader : hehe moga bisa dapetin kamera sesuai dngan keinginan :), iya emang malah ada yng nyape 24MP :D

Reply
avatar
18 Juni 2011 20.03 delete

mantap bruwy, kalo punya uang aku mau beli juga :D

Reply
avatar

Berikan Pendapat Anda!!!

Ada yang salah dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar. Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya diam dan terpaku.

Caution!!!
1. Sampaikan Komentar anda sekarang!!! Mumpung saya lagi ada waktu nge-reply ^_^

2. Komentar berbau SPAM tidak akan kami tampilkan. Jadi jangan heran kalau komentar anda tidak tampil setelah di submit ^_^