ITS luncurkan Mobil Sapu Angin 3 untuk ikuti SEM Malaysia | Mobil Sapu Angin


Uji Coba Mobil Sapu Angin 3
Sudah kita ketahui sekarang ini pemerintah sedang giat-giatnya untuk menemukan cara menghemat bahan bakar terutama bensin. Dan pada 31 maret 2011 tim dari ITS meluncurkan 3 buah mobil hemat energi yang mereka beri nama Sapu Angin 1,2,dan 3.

Tim ITS meluncurkan mobil ini untuk menghadapi kompetisi kendaraan hemat energi Shell Eco-Marathon (SEM) Asin 2011 pada 6-9 Juli mendatang di sirkuit Sepang, Kuala Lumpur, Malaysia.

Kata Pembantu Rektor III Suasmoro, di Graha ITS, Rabu 30 Maret kemarin (okezonekampus.com)
“Kami bersyukur tim ITS mampu mengukir prestasi yang membanggakan di SEM Asia tahun lalu. Melihat hasil yang diperoleh, kita boleh berbangga bahwa sumber daya anak bangsa Indonesia tidak kalah maju dengan bangsa-bangsa lainnya. Kami berharap, tiga tim ITS yang akan ke SEM Asia 2011 bisa membawa pulang kemenangannya lagi,”

Dan menurut Ketua Jurusan Teknik Mesin, Herman Sasongko mengaku optimistis tim ITS bakal menyabet gelar serupa seperti tahun lalu. Itu semua tidak terlepas dari kemenangan tim ITS pada SEM 2010 lalu yang dapat menyabet gelar Juara Umum pada kategori kendaraan berbahan bakar bensin (Gasoline Fuel Award) dan Juara Pertama untuk kelas urban berbahan bakar bensin dengan mesin internal combustion yang mampu menempuh 238 km dengan satu liter bensin.

 Tidak hanya itu Mobil karya tim ITS ini juga mengalahkan rekor pencapaian jarak dengan 1 liter bensin yang dipegang oleh tim Canada 184km/liter dengan 238km/liter. Dengan prestasi ini, tim Mesin ITS merasa mantap terhadap prestasi Sapu Angin 1, 2 dan 3 akan mampu menempuh jarak ratusan kilometer dengan 1 liter bahan bakar.

Dan tahun ini SEM Malaysia akan diikuti oleh 121 tim dari 14 negara yaitu dari dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Hongkong, Vietnam, Taiwan, Iran dan Pakistan, Jepang, Cina dan India lebih banyak di banding SEM tahunlalu yang hanya 81 tim dari 10 negara.

Dan menurut info Tim ITS mengikuti kedua kategori, yaitu prototype yang berbahan bakar bensin, dengan mobil Sapu Angin 1. Sedangkan Sapu Angin 2 yang berbahan bakar diesel dan Sapu Angin 3 yang berbahan bakar bensin. Untuk Sapu Angin 1, dengan 1 liter bensin mampu menempuh jarak sampai 1500 km, Sapu Angin 2, dengan 1 liter solar mampu menempuh 300 km, sementara Sapu Angin 3 dengan 1 liter solar mampu menempuh 300 km.

Semoga tim ITS dapat memenangkan SEM Malaysia agar dapat mewujudkan mobil hemat bahan bakar agar dapat menghemat persediaan bahan bakar terutama indonesia yang kian berkurang dan dapat menjaga lingkungan dengan konsep ramah lingkungannya. 

‘JAYA TIM ITS KAMI SELALU MENDUKUNG SEMUA USAHA MU UNTUK KEHIDUPAN LEBIH BAIK’

Sourch  : okezonekampus.com

Artikel Terkait

ITS luncurkan Mobil Sapu Angin 3 untuk ikuti SEM Malaysia | Mobil Sapu Angin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

3 April 2011 10.18 delete

semoga tim dari ITS menang!
amin.. ;)
kalau sukses, siapa tahu bisa berkembang dan dapat diterapkan sebagai mobil komersial yang hemat energi di indonesia.. :)

Reply
avatar
3 April 2011 17.22 delete

Aminn moga aja klo dilihat dri tahun kemarin kyaknya indonesia pasti menang :D & Moga aja karena bisa menghemat BBM yang mulai berkurang :D, trims dah berkunjung gan :D

Reply
avatar

Berikan Pendapat Anda!!!

Ada yang salah dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar. Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya diam dan terpaku.

Caution!!!
1. Sampaikan Komentar anda sekarang!!! Mumpung saya lagi ada waktu nge-reply ^_^

2. Komentar berbau SPAM tidak akan kami tampilkan. Jadi jangan heran kalau komentar anda tidak tampil setelah di submit ^_^